Minggu, 17 April 2011

Mengurangi Email-Email Spam 3

Usahakan email Anda tidak diketahui spammer

Tentunya sulit untuk melakukan hal ini, karena sebenarnya anda tidak mengetahui secara pasti mailing list mana yang berfungsi sebagai spammer atau bisa saja para spammer mendapatkannya dari cara lain. Tapi setidaknya hati-hatilah terhadap penawaran untuk mengikuti mailing list atau pengiriman email di web yang kurang meyakinkan. Spammer biasanya menggunakan software yang disebut header scanner untuk mendapatkan alamat email dari newsgroup, mailing list dsb untuk menjadi client.

Buat email anda tidak terlihat di mailing list


Mailing list adalah salah satu sumber terbesar dari para spammer terutama mailing list-mailing list yang tidak di maintain dengan baik oleh adminnya. Spammer dapat dengan mudah mendapatkan alamat email dengan cara mengirimkan perintah-perintah tertentu ke mailing list processor. Jika mailing list anda menggunakan Listserv dan Listprocessor maka perintah 'review' akan menampilkan alamat subscriber atau pada Majordomo dengan perintah 'who'.

Untuk membuat alamat email anda tidak tampak, kirimkan saja email untuk set conceal atau noconceal.

Menggunakan fasilitas remailer dan alias


Remailer biasanya menawarkan alamat email untuk seumur hidup meskipun anda mengganti ISP. Remailer akan mem-forward email ke alamat anda di ISP, atau disebut juga sebagai forwarder. Bagaimana remailer bisa mengurangi urusan anda dengan spam mail ? Gunakanlah remailer yang anda buat, khusus untuk keperluan posting ke newsgroup yang diatas dijelaskan sebagai sumber dari spammer sebab dengan cara ini anda akan lebih mudah mem-filter email yang masuk.

Alamat alias untuk email anda dapat berfungsi sebagai deflektor apabila ada spam mail yang masuk dan gunakan hanya untuk posting ke newsgroup.

Usahakan email anda tidak terdaftar pada suatu mail directory

Mail directory adalah suatu database yang berisi alamat-alamat email dan dapat digunakan sebagai tempat pencarian alamat email teman, keluarga atau kerabat lainnya apabila suatu saat anda kehilangan alamat email mereka. Salah satu sumber spammer adalah mail directory ini, dengan mudah mereka mengambil data-data dari database dan membuat database email sendiri. Karena itu usahakan untuk tidak mendaftarkan alamat email anda ke suatu directory meskipun resikonya bahwa alamat email anda tidak bisa dicari oleh teman-teman anda.

Karena itu usahakan untuk tidak mendaftarkan alamat email anda ke suatu directory meskipun resikonya bahwa alamat email anda tidak bisa dicari oleh teman-teman anda.

Jangan menjadi seorang spammer


Untuk tidak menjadi seorang spammer, sebaiknya anda memperhatikan untuk tidak me-reply atau mem-forward spam mail yang anda terima ke alamat lain. Misalnya saja ketika anda menerima email berantai, janganlah anda tertipu untuk mem-forward email ini ke teman atau kerabat anda, karena bila anda lakukan secara tidak sengaja anda akan menjadi seorang spammer.

Buatlah filter lengkap di server anda


Khusus anda yang mempunyai mailbox di server atau shell account atau para administrator, gunakanlah beberapa software atau buatlah beberapa script untuk mencegah masuknya spam mail ini ke server anda. Ada beberapa software yang khusus dibuat untuk menangani masalah ini misalnya Spam Attack (http://www.softwiz.com/) dan eFilter (http://catalog.com/tsw/efilter/).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites